Urban Toys

April 27, 2010

Pernah mendegar kata urban toys? Saya juga baru kali ini mendengar dan mencari tahu apa sih urban toys itu? Jadii mari baca blog saya ini untuk mengetahui lebih detail tentang urban toys.

Urban toys dimulai di Hongkong pada tahun 1997 dan ditiru oleh desainer Jepang, Eropa, Amerika Serikat. Urban toys terbuat dari plastik dan bukan sekedar mainan biasa yang dibuat oleh seorang desainer, diproduksi terbatas dan diburu desainer lainnya. Tak heran banyak yang menyebut urban toys sebagai mainan orang dewasa. Kalau belum jelas juga bisa lihat simbol yang ada di perusahaan seperti Adidas, Starbucks atau Nokia.

Desain yang unik memang menjadi ciri khas urban toys. Kata Urban toys atau desaigner sendiri karena mainan tersebut dibuat oleh seorang desainer dan pada umumnya urban toys diproduksi secara terbatas (limited edition) hanya 50-2000 buah. Kenapa terbatas? karena itulah yang menjadi inti urban toys. Banyak desainer yang membuat maina sesuai kreativitas mereka tanpa campur tangan industri mainan jadii menggambarkan keliaran imajinasi desainernya.

Keliaran imajinasi dan konsep serta bentuk yang uniklah yang menjadi candu bagi penggemar urban toys. Mereka bisa saja mengkoleksi lebih dari satu tetapi berbeda desain atau warnanya. Hal tersebut memungkinkan karena tiap produk dibuat secara terbatas dan sering kali muncul dengan desain yang sama tetapi warna yang berbeda. Atau bahkan desain hanya sedikit berbeda dari yang pernah dikeluarkan.

Disamping wujud ekspresi desainernya, urban toys juga bisa menjadi bagian dari ekspresi si pembeli urban toys, pasalnya urban toys diproduksi dengan dua gaya. Pertama urban toys dengan full characters ayau unique toys aksudnya mainan ini sudah lengkap dengan pakaian dan aksesorisnya. dan yang kedua yaitu blank characters yaitu mainan yang dijual dalam bentuk hitam putih dan mainan ini baru memiliki karakter setelah diwarnai pembelinya.

Semoga rangkaian informasi tentang urban toys bermanfaat untuk anda.
Sumber : Harian Seputar Indonesia

No comments:

Powered by Blogger.