Tips Agar Anak Mau Makan

June 24, 2010
Kemarin saya merapihkan tumpukan koran Seputar Indonesia di rumah..ada artikel yang buat saya menarik dari judulnya Tips Agar Anak Mau Makan. Karena saya punya 2 anak balita dan tips ini sangat berguna buat saya dan mungkin juga untuk teman-teman ;-)

TIPS agar anak mau makan :
1. Saat memberi makanan pada si kecil, lakukan dengan perasaan cinta dan kasih sayang. Penting karena guna menguatkan ikatan batin antara ibu dan anak.

2. Berikan anak kesempatan untuk bereksplorasi terhadap makanan yang ingin dimakannya. Berikan pilihan kepadanya hari ini mau makan apa? Variasi makanan akan menghindarkan anak dari kebosanan dan biarkan dia menikmati makanannya.

3. Jangan biarkan orang tua membiarkan anak larut terlalu lama dalam menghabiskan makanan. Hal ini tidak baik. Jangan biarkan anak terlalu lama menghabiskan makanan, sebab dia malah akan bermain dengan makanan yang diberikan.

4. Hindari mengharuskan anak menghabiskan makanan. Sadari kapasitas yang dimilikinya

5. Jangan memberikan makanan sebagi hadiah. Jangan pula memberikan anak hadiah jika dia mau makan, ini malah akan membiasakan dirinya untuk menerima imbalan jika mau makan.

6. Tawarkan makanan baru kepada anak. Untuk menarik minat anak hingga mau makan, ajak untuk berbelanja, membantu mencuci sayur dan menata di piring.

7. Hindari junk food dan soft drink

8. Jangan membiasakan anak untuk makan snack yang mengandung banyak bahan pengawet dan pewarna. Ajari dia untuk menyukai kudapan yang sehat dan mengenyangkan.

9. Cukup gizi anak dengan menyediakan makanan yang mengandung cukup zat gizi, mikronutrein dan makronutrein.

10. Libatkan anak untuk memilih makanannya

11. Beri sayuraan dan buah-buahan yang cukup

Semoga tips ini berguna ;-)

No comments:

Powered by Blogger.